Tips-Tips Meningkatkan Tinggi Lompatan Volly

Hi......

         Volleybal mania..jika para volleybal mania yang masih mencintai Hobi nya dalam bermain bola Volly dan ingin mnambah lompatan dalam melakukan smash,blok, ataupun serve.Nah saya akan memberi beberapa tips untuk menambah lompatan dalam Bolla Volly.
   Nah di bawah ini beberapa tips menambah lompatan yang akan saya jelaskan.Tetapi sebelum mempelajari tips-tips meningkatkan tinggi lompatan wajib VolleyBall mania mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi nya lompatan tersebut.
 Fakto-faktor tersebut adalah sebagai berikut  :

1. Awalan

     Setiap lompatan harus di awali dengan awalan. Saat melakukan jumping smash maka pastikan mata memperhatikan langkah kaki. karena langkah kaki jangan terlalu bnyak paling tidak 2 atau 3 langkah saja dan jangan sambil berlari.

2. Tolakan

lakukanlah dengan menolakkan kaki anda dengan kuat. Pilihlah kaki yang paling kuat.Boleh dengan kaki kanan atau pun kiri,tolakan adalah saat kaki kanan atou kiri menekan ke tanah untuk melakukan jumpin smash.

3.Timing smash

   Ketika setter/tosser memberi umpan perhatikan bola yang melambung dan usahakan bola ada di depan buka di atas kepala.Dengan tangan lurus ke atas karna itu akan mempengaruhi smah yang akan di lakukan.

4. Mendarat

   Ketika melakukan pendaratan lakukan dengan kedua kaki yang mendarat karena jika tidak sempurna dalam pendaratan sering terjadi cedera.

                                             MELATIH TINGGI LOMPATAN SMASH
Tips-tips melatih tinggi lomapatan adalah sebagai berikut :

1. Pemanasan Atau Warning Up

        Sebelum melakukan latihan atupun bermain..pemanasan sangat lah penting untuk meregangkan otot-otot yang sedang kaku supaya badan sudah lentur dan tidak akan terjadi cedera.

2. Lari Sprint

    Lari Sprint kira-kira sekitar 20 menit dan lakukan sprint secara bolak-balik. Ini akan melatih kekuatan otot tungkai.dan menambah kekuatan dalam melakukan tolakan.

3. Lari Tangga

       Lari tangga bisa dilakukan secara berkala dan rutin. Gerakan naik turun tangga dapat memperkuat otot kaki, sehingga kaki akan terbiasa melakukan tolakan yang kuat.

4. Lompat Tali

Lompat taliternyata bermanfaat untuk melatih kekuatan otot pada kaki dan tungkai kaki. Lompat tali bisa di terapkan selama 2 atau 3 kali dalam smeinggu selama kurang lebih 30 menit.bisa di pagi,siang,sore, ataupun malam.

5. Lari Kidang

   Lakukan gerakan ini dengan berlari layaknya kidang atau posisi angkling/engklek, lari kidang berguna saat melakukan smash dengan mengangkat kaki satu guna menipu para blocking dari musuh.

6. Gerakan Kombinasi

  Lakukan gerakan lari cepat atau gerakan lari sprint di tempat. dan saat melakukan gerakan tersebut langsung dianjutkan kebawah layaknya posisi pus-up. 10 kali latihan akan sangat baik. Kemudian  push-up langsung bangun dan melakukan gerak jumping dengan posisi tangan terlentang keatas.

      Demikian tips cara berlatih untuk meningkatkan tinggi lompatan smash bola voli untuk para hoby vollybal semua.silahkan di coba dan lakukan dengan rutin ya....

jangan lupa di share .....untuk lebih lanjut lagi bisa cari di  : http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/meningkatkan-tinggi-lompatan-smash.html

wasalam..dan terima kasih,,,

Komentar

Postingan Populer