Pengertian libero dalam bola voli beserta beberapa ketentuan dan aturannya

     Hi.....VolleyBall Mania setelah kemarin yang saya bahas mengenai pemain-pemain cantik VolleyBall,sekarang saya akan memberi tahu apa pengertian " LIBERO " beserta beberapa aturan dan ketentuannya.



      LIBERO adalah pemain yang berperan untuk menerima atau menahan serangan yang ai lakukan lawan,dam termasuk pemain bertahan dalam Bola Volly.mengingat serangan yang di lakukan oleh lawan tidakakan main-main mereka menyerang akan menggunakan semua kekuatan nya,maka dari itu libero ahrus memiliki kualitas passing yang sangat baiak untuk menahan atau menerima serangan lawan tersebut.Yang harus di ketahui seoarang libero tidak boleh melakukan serve ataupun smash


Aturan dan ketentuan libero dalam Bola Volly : 
  • Libero bisa menggantikan semua pemain yang sedang berada di pisisi belakang.
  • Libero bermain sebagai pemain belakang dan di tuntut  untuk tidak melakukan smash  ataupun serangan lain nya.
  • Libero tidak boleh melakukan serve atau membendung serangan lawan (melakukan blocking).
  • Pemain depan tidak diperkenankan melakukan pukulan yang mana pada saat perkenaan bola tersebut berada lebih tinggi dari ketinggian net, bola berlaku apabila bola tersebut berasal dari umpan libero dengan menggunakan pasing atas.Namun bila bola tersebut berasal dari umpan yang dilakukan libero dengan passing bawah, maka bola tersebut bebas untuk dipukul oleh pemain depan.
Pergantia pemain Libero : 


    Pergantian pemain libero sebenar nya tidak di batasi namundalam pergantiannya harus di selingi dalam satu reli di antara pergantian tersebut.
    Pergantian pemain libero hanya dapat di alkukan pada awal set dimana wasit II elakukan pngecekan pemain,pada saat bola mati atau sebelum wasit meniup pluit untuk melakukan serve.
    Pemain liber hanya boleh melakukan pergantian pemain melalui garis samping di antara garis serang dan garis akhir.

Kriteria-kriteria yang harus dimiliki oleh pemain libero bola voli:

    1.Mempunyai teknik pertahanan yang kuat.
    2.Membunyai dasar pasing yang sangat baik,mau passsing bawah atau pun pasing atas.
    3.Mempunyai kelincahan dan kekuatan untuk menahan atau menerima serangan dari lawan, baik             dari pukulan servis atau pukulan smash yang dilakukan lawan.


      Demikianlah artikel yang membahas tentang pengertian pemain libero dalam bola voli beserta beberapa ketentuan dan aturannya

Komentar

Postingan Populer