BENTUK-BENTUK LATIHAN FISIK BOLA VOLI

                                                 LATIHAN FISIK BOLLA VOLLY

    ASSALAMU'ALAIKUMZ....
VolleyBall mania..semuanya..di sini saya akan memberi penjelasan mengenai beberapa bentuk latihan fisik untuk Bolla Volly.

1. Latihan fisik secara umum
           Persiapan fisik umum yang bertujuan meningkatkan kemampuan kerja organ tubuh,
 sehingga, memudah kan para pemain volleybal untuk menjalani permainan dan tidak terjadi kesalahan apabila sudah meakukan latihan fisik pada tahap berikutnya.Persiapan fisik khusus bertujuan meningkatkan kemampuan fisik dan gerak yang lebih baik menuju pertandingan.Supaya pemain tidak mengantuk atou yang lain nya di lapangan.
       
             Cara Terbaik untuk Mempersiapkan Kondisi Fisik Umum Pemain
>. Program Latihan Lari :

       Latihan lari sangat penting dan baik untuk mengasah kemampuan kerja jantung,   paru paru, dan kekuatan tungkai. Membiasakan pemain berlatih lari selama 40-60 menit tanpa berhenti, yang dilakukan 3-4 kali seminggu, sangat baik untuk membina kemampuan daya tahan aerobik dan kebugaran umum pemain.

>. Program Latihan Loncat Tali :

            Latihanlompat tali ataou juga skipping  ini sangat baik untuk membina daya tahan, kelincahan kaki, dan kecepatan serta melatih kemampuan gerak pergelangan tangan lebih lentur dan kuat. Proses latihan dapat dilakukan dengan loncat satu kaki secara bergantian (seperti lari biasa), loncat dua kaki, dan masih banyak bentuk variasinya. Dan kepada quiker mania yang ingin menambah  loncatan nya harus sering melakukan olahraga lompat tali.

>. Program Latihan Gabungan :

            Model atau sistem pelatihan ini adalah menggunakan berbagai alat bantu seperti bangku, gawang ukuran kecil, tiang, tongkat, tali, bola, dan sebagainya.Dalam permainan bola volly juga latihan gabungan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas loncatan dan kekuatan betis para pemain,selain itu juga melatih kelincahan kaki para oemain.

>. Latihan Pemanasan

          sebelum melakukan latihan-latihan yang di perintah kan pelatih masing-masing .volleybal mania semua harus melakukan pemansan terlebih dahulu.Di bawah ini adalah beberapa macam pemanasan

  •  Lari jarak pendek yang bervariasi seperti lari sambil angkat paha/lutut, lari mundur, lari maju dan ke samping.
  • Melakukan gerakan-gerakan senam yang bersifat mere-gang otot tungkai, paha belakang, depan, lengan, pergelangan kaki, pinggang, otot bahu, dll.
  • Kualitas peregangan harus dilakukan dengan pelan sampai terasa terjadi proses peregangan pada bagian otot dan persendian yang dilatih. Hindari melakukan gerakan sentak, yang dapat menyebabkan rasa sakit pada otot atau persendian.
  • dan banyak lagi pemanasan-pemansan yang lain nya

>. Latihan Pendinginan.
         Pendinginan ini d lakukan setelah melakukan latihan  fisik,di antaranya sepert : lari sprint,lompat" dan banyak lagi.


2. Latihan Fisik Secara Khusus

A. Latihan Kekuatan
  1.Push up :

    Tujuan : untuk melatih kekuatan otot lengan.

    Cara melakukan :

  • Bertelungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang dengan ujung kaki bertumpu pada lantai.
  • Kedua telapak tangan menapak lantai di samping dada, jari ± jari.
  • menghadap ke depan, siku ditekuk.
  • Angkat badan ke atas hingga kedua tangan lurus, sementara posisi kepala, badan, dan kaki berada dalam satu garis lurus.
  • Badan diturunkan kembali dengan cara menekuk lengan, sementara posisi kepala, badan, dan kaki tetap lurus tidak menyentuh lantai.
  • Gerakan ini dilakukan berulang ± ulang sampai tidak kuat.
 Latihan kekuatan otot perut
2. sit-up
     Tujuan : untuk melatih kekuatan otot lengan dan bahu.

     Cara melakukan :

  •  Sikap awal tidur terlentang, kedua lutut ditekuk, jari ± jari berkaitan di belakang kepala, dan pergelangan kaki dipegangi teman.
  • Angkat badan ke atas sampai posisi duduk, kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  •  Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
  • Gerakan ini dilakukan berulang ± ulang sebanyak mungkin.

Latihan otot punggung
3.back up :

     Tujuan : untuk melatih kekuatan otot punggung.

     Cara melakukan :

  •  Sikap awal tidur terlungkup, kedua kaki rapat lurus ke belakang, kedua tangan dengan jari ± jari berkaitan diletakkan di belakang kepala, pergelangan kaki dipegang oleh teman.
  • Angkat badan ke atas sampai posisi dada dan perut tidak lagi menyentuh  lantai , kedua tangan tetap berada di belakang kepala.
  • Badan diturunkan kembali ke sikap awal.
  • Gerakan ini dilakukan berulang ± ulang sebanyak mungkin.


B.    Latihan Kecepatan

1.      Kecepatan (Speed)
Kecepatan merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dengan waktu sesingkat-singkatnya. Kecepatan sangat dibutuhkan dalam olahraga yang sangat mengandalkan kecepatan, seperti lari pendek 100 m dan lari pendek 200 m.
Kecepatan dalam hal ini lebih mengarah pada kecepatan otot tungkai dalam bekerja. Contoh latihannya adalah :

  • lari cepat 50 m
  •  lari cepat 100 m
  • lari cepat 200 m


 Nah mungkin hanya itu yang saya ketahui tentang latihan fisik bola volly.Tetapi saya akan belajar lagi untuk memberi penjelasan yaang lebih baik untuk volleybal mania semua.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer